cara merawat pintu

Bagaimana cara yang baik untuk merawat pintu kayu dari serangan rayap

Rayap seringkali bersarang di dalam tanah, kemudian berpindah pada perabot kayu – menggerogoti dari dalam hingga kayu menjadi lapuk dan berubah jadi debu. Cara paling mudah menghilangkan rayap sebetulnya bukan dengan semprotan zat kimia, melainkan dengan membersihkan saluran air dan selokan sehingga kelembapan tetap terjaga dan rayap tidak merasa nyaman karena ia menyukai tempat yang lembap. Selain itu kebersihan ventilasi juga sebaiknya dijaga, usahakan tidak menempatkan material kayu terlalu dekat dengan pondasi rumah dan hindari menumpuk kayu di dalam rumah. Pastikan ventilasi atau segala lubang bersih dari serpihan cat atau batu bata karena akan mengundang rayap untuk masuk. Terakhir, tentu pastikan rawat pintu dan piranti kayu lainnya secara berkala, dengan membersihkan dan memberikan plitur baru. Ingat bahwa kayu berkualitas rendah lebih rentan rayap.

Agar tidak sulit dibuka saat menyusut/membengkak

Pintu kayu secara umum membutuhkan perawatan lebih banyak dibandingkan fiberglass atau bahan lain. Pastikan pintu kayu sudah dilapisi dengan baik untuk mengurangi kemungkinan pintu sulit dibuka saat menyusut, membengkak atau melengkung. Jika sudah terlanjur lengket maka alternatif yang dapat anda lakukan adalah mencopot, mengamplas kemudian dipasang kembali. Selain itu, tips lainnya adalah memberikan rongga yang cukup antara pintu dengan kusen.

Agar tahan hujan dan matahari

Lapisi seluruh permukaan dengan cat atau pernis untuk melindungi kayu, terutama yang diformulasikan untuk menyerap cahaya ultra violet (UV

cara merawat pintu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *