Kelebihan kayu mahoni

Inilah Kelebihan Dan Kekurangan Kayu Mahoni

Mahoni adalah anggota suku Meliaceae yang mencakup 50 genera dan 550 spesies tanaman kayu. Mahoni termasuk pohon besar dengan tingginya pohon mencapai 35-40 meter dan diameter mencapai 125 cm. Batang lurus berbentuk silindris dan tidak berbanir. Kulit luar berwarna coklat kehitaman, beralur dangkal seperti sisik, sedangkan kulit batang berwarna abu-abu dab halus ketika masi mudah, berubah menjadi coklat tua, beralur dan mengelupas setelah tua.

Bunga Mahoni
Mahoni baru berbunga setelah berumur 7 tahun. Mahkota bunganya silindris, kuning kecoklatan. Biji pipih, warnanya hitam atau coklat, dan rasa bijinya pahit. Mahoni dapat ditemukan tumbuh liar di hutan jati dan tempat-tempat lainnya yang dekat dengan pantai atau ditanam dekat jalan sebagai pohon pelindung. Pohon mahoni ini berasal dari Hindia Barat dan dapat tumbuh dipasir payau dekat dengan pantai.

Pohon mahoni bisa mengurangi polusi udara sekitar 47%-69% sehingga disebut pohon pelindung sekaligus filter udara dan daerah tangkapan air. Daun-daunya bertugas menyerap polutan-polutan disekitarnya, sebaliknya dedaunan itu mengeluarkan oksigen (O2) yang membuat udara disekitarnya menjadi segar. Ketika hujan turun, tanah dan akar-akar pepohonan akan mengikat air yang jatuh, sehingga menjadi cadangan air.

Buah mahoni mengandung flavonoid dan saponin. Buahnya dilaporkan dapat melancarkan darah sehingga para penderita penyakit yang menyebabkan tersumbatnya aliran darah dianjurkan mengkonsumsi buah mahoni. Buah mahoni bisa jadi obat mengurangi kolesterol, penimbunan lemak pada darah, mengurangi rasa sakit, pendaraan dan lebam, serta bertindak sebagai anti oksidan untuk menyingkirkan radikal bebas. Buah mahoni juga bisa mencegah penyakit sampar, mengurangi lemak dibadan, membantu sitem kekebalan tubuh, dan memperlambat pembekuan darah.

Sifat mahoni yang dapat tumbuh didaerah gersang menjadikan pohon ini sebagai tanaman pohon pinggir jalan. Bagi penduduk Indonesia khususnya Jawa, tanaman ini bukanlah tanaman yang baru. Karena sejak zaman penjajahan Belanda, pohon mahoni dan pohon asam sudah banyak ditanam dipinggir jalan sebagai peneduh terutama dijalan yang dibangun oleh Daendels antara Anyer sampai Panarukan.

Sejak 35 tahun terkhir ini, pohon mahoni mulai dibudidayakan karena kayunya mempunyai nilai ekonomis yang cukup tinggi. Kualitas kayunya pun keras dan sangat baik untuk mebel, furniture, barang-barang ukiran dan kerajinan tangan. Kualitas kayu mahoni dibawah kualitas kayu jati, sehingga kayu mahoni dijuluki primadona kedua setelah kayu jati.

Kayu Mahoni
Kayu mahoni untuk furniture Jepara sudah lama dipakai sebagai bahan baku utama furniture jepara selain kayu jati. Kayu jenis ini untuk furniture jepara rata-rata untuk dipakai model furniture klasik. Kenapa ? Entahlah, namun menurut pendapat kami, karena pembeli funiture model klasik itu adalah dari Eropa dan Amerika. Disana kayu mahoni tergolong salah satu kayu yang mahal dan mewah. Dalam benak anda pasti bertanya-tanya, kenapa pilih mahoni ketimbang jati. Karena bangsa Eropa dan Amerika mengenal kayu jati sebagai kayu kuat dan kayu tangguh. Furniture berbahan kayu jadi kalau di Eropa dan Amerika hanya untuk dipakai diluar ruangan dan untuk bahan baku kapal.

Inilah Kelebihan Dan Kekurangan Kayu Mahoni Yang Patut Anda Ketahui
Kelebihan Kayu Mahoni
Serat kayu halus dan beragam. Penampilan yang seperti ini sangat bagus jika difinishing dengan warna-warna natural atau klasik.
Penampang kayu yang sangat stabil, kayu mahoni dikenal untuk kekuatan penyusutan dan perubahan bentuk, ini mengapa alasan mengapa kayu mahoni banyak juga dipakai dalam industri gitar dan alat-alat musik lainnya. Tentu saja sarat utama adalah kekeringan bahan baku kayunya.
Kandungan minyak alami rendah, membuatnya jadi bisa difinishin model cat duco tanpa resiko meninggalkan noda kekuningan seperti pada kayu jati. Tentu saja kekeringan syarat utamanya.
Kekurangan Kayu Mahoni
Kayu mahoni banyak diserang hama.

Kelebihan kayu mahoni

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *