WORKSHOP

[ngg_images source=”galleries” container_ids=”1″ display_type=”photocrati-nextgen_basic_thumbnails” override_thumbnail_settings=”0″ thumbnail_width=”240″ thumbnail_height=”160″ thumbnail_crop=”1″ images_per_page=”20″ number_of_columns=”0″ ajax_pagination=”0″ show_all_in_lightbox=”0″ use_imagebrowser_effect=”0″ show_slideshow_link=”1″ slideshow_link_text=”[Show slideshow]” order_by=”sortorder” order_direction=”ASC” returns=”included” maximum_entity_count=”500″]

Tips tambahan dan perawatan lemari pakaian

Tips tambahan dan perawatan lemari pakaian

Tips memilih lemari pakaian di kamar yang kecil memang membutuhkan perawatan khusus. Jangan menaruh lemari pakaian pada pojok ruangan, ini justru akan membuat ruangan kalian terlihat lebih sempit. Jika sudah terlanjur, itu tidak jadi masalah karena kalian hanya perlu menarik lemari baju sekitar 5 hingga 10 cm dari dinding sehingga kamar kalian akan terasa lebih luas. Selain itu, lemari baju modern yang menempel dengan dinding akan membuat lemari lembab karena tidak ada celah udara. Hal inilah yang dapat menyebabkan tumbuhnya jamur dan berpengaruh pada keawetan lemari.

Jika kamar kalian terdapat kamar mandi, maka kamar akan terasa semakin sempit. Namun, kalian tetap bisa mempraktekkan tips memilih lemari pakaian di kamar yang kecil. Solusinya adalah jangan taruh furnitur atau segala perabotan pada dinding dekat dengan kamar mandi. Jika memang terlalu sempit, maka taruh furnitur dengan memberi jarak pada dinding yang dekat dengan kamar mandi.

Untuk menghindari pertumbuhan jamur atau serangga, kalian dapat menaruh beberapa kamper atau kapur barus di dalam lemari pakaian. Cek ketersediaannya apabila sudah habis, maka segera ganti dengan yang baru.

Agar kalian bisa mendapatkan suasana yang nyaman, maka tips memilih lemari pakaian di kamar yang kecil adalah dengan menaruh lemari baju minimalis dekat dengan tempat tidur. Tempat ini adalah rekomendasi terbaik dalam menata lemari di dalam kamar sempit. Selain lebih dekat, kalian juga akan lebih kreatif dalam membuat dekorasi tempat tidur yang lebih cantik. Usahakan untuk meletakkan lemari baju minimalis mengarah pada cahaya. Agar kalian mendapatkan pencahayaan yang baik ketika sedang memilih pakaian.

Punya Kamar Sempit tapi Butuh Lemari? Berikut 7 Tips Memilih Lemari Pakaian di Kamar yang Kecil yang Wajib Kalian Ketahui

Apakah kalian sudah mendapatkan lemari yang pas? Jika belum, maka ini adalah tips memilih lemari pakaian di kamar yang kecil yang harus kalian ketahui agar tidak salah pilih.

1. Mengetahui berapa luas lahan yang tersedia di dalam kamar

Pertama, untuk mengetahui tips memilih lemari pakaian di kamar yang kecil adalah dengan mengetahui seberapa luas ruang kosong yang ada di kamar. Jika kalian sudah mengetahui hal ini, tentu akan lebih mudah menentukan ukuran lemari pakaian.

Tips memilih lemari pakaian di kamar yang kecil akan dapat dilakukan jika kalian mengingat berapa banyak baju yang dimiliki. Apakah cukup jika semuanya dimasukkan ke dalam lemari baju? Jika tidak, maka salah satu tips memilih lemari baju di kamar yang kecil adalah dengan menaruh barang seperlunya di kamar. Ingat, kamarmu bukan gudang untuk menaruh segala barang.

Apabila jumlah baju terlalu banyak, kalian bisa seleksi baju yang sering dipakai untuk dimasukkan ke dalam lemari baju. Sisanya, bisa disimpan di keranjang atau kotak yang tertutup dan diletakkan di luar kamar.

2. Banyaknya penghuni kamar juga berpengaruh terhadap pemilihan lemari

Tips memilih lemari baju di kamar yang kecil ditentukan juga oleh jumlah orang yang tinggal di kamar. Tidak perlu membeli lemari baju dengan 3 (tiga) pintu jika kalian tinggal di kamar sendirian. Lain halnya jika kamar ditempati oleh 2 (dua) orang, maka kalian dapat memilih lemari baju dengan sekat atau pintu yang terpisah. Adanya sekat akan memudahkan kalian dalam mencari baju dan tidak tercampur dengan milik orang lain.

Jangan lupa untuk cek sekat penahan yang ada di dalam lemari, apakah terlalu tipis atau sudah cukup untuk digunakan sebagai pembatas. Kalau kualitas sekat lemari baju bagus, maka kalian tidak perlu keluar biaya lagi untuk memperbaiki sekat penahan yang lepas.

3. Pilih lemari pakaian dengan desain minimalis

Agar lemari tetap menyatu dengan perabotan dan keseluruhan ruang, maka kalian harus mengetahui tips memilih lemari pakaian di kamar yang kecil dengan cara memilih lemari yang memiliki desain minimalis.

Desain lemari minimalis sangat cocok diterapkan untuk hunian yang tidak memiliki ruang yang banyak. Dengan memiliki desain lemari pakaian minimalis yang bagus, kalian sekaligus bisa memperindah tampilan rumah.

Desain lemari minimalis akan memberikan kesan kamar tampak lebih luas. Tips memilih lemari pakaian di kamar yang kecil selanjutnya adalah memilih lemari pakaian minimalis dengan bentuk yang ramping dan tinggi. Jangan pilih lemari baju minimalis dengan ukuran yang lebar agar ruangan tidak sesak.

Lebih baik pilih lemari pakaian minimalis dengan tinggi yang dimaksimalkan dengan tinggi ruangan. Cara ini dapat menghemat ruang tanpa mengurangi kapasitas penyimpanan baju. Dengan desain lemari pakaian modern yang minimalis, maka kalian akan mendapatkan tampilan kamar yang elegan dan terkesan lebih lapang.

Tips memilih lemari baju di kamar yang kecil cukup dengan meneliti pada bagian dalam lemari baju minimalis. Cek pada pola potongan kayunya, apakah potongannya dibuat dengan rapi. Cek daun pintu lemari juga apakah terbuat dari belahan kayu yang disambung. Sebisa mungkin jangan memilih lemari yang daun pintunya terbuat dari belahan kayu yang disambung. Tren saat ini yang berkembang di dunia furnitur adalah lemari dengan desain pintu minimalis yang tidak memiliki gagang pintu. Terlihat elegan dan terkesan bersih.

4. Warna tertentu dari lemari baju minimalis dapat memberi efek kamar yang lebih luas

Ruang sempit akan terasa lebih luas dengan memilih warna furnitur yang tepat. Warna terang akan membuat segalanya lebih jelas, karena di dalam kamar yang kecil, pandangan akan terbatas.

Tips memilih lemari baju di kamar yang kecil dapat ditentukan dari warna lemari yang sama dengan warna tema atau dekorasi ruangan milik kalian. Rekomendasi warna terbaik untuk lemari baju minimalis adalah dengan memilih warna netral seperti putih, krem, kuning gading, abu-abu muda, dan warna-warna yang mengandung unsur natural seperti warna kayu. Kelebihan dari warna-warna lemari natural adalah sangat mudah dipadankan dengan furniture serta aksesoris kamar yang ada di ruangan kalian.
Saran terbaik dalam tips memilih lemari pakaian di kamar yang kecil adalah menghindari memilih warna lemari baju yang berwarna gelap. Warna gelap akan menimbulkan kesan ruangan yang tidak lapang dan terlihat penuh. Bisa juga kalian pilih lemari yang memiliki unsur kaca. Ini sebagai salah satu trik jitu untuk ilusi mata bahwa kamar kecil yang kita miliki terkesan luas. Selain itu, kalian juga tidak perlu ruang lagi untuk digunakan menaruh kaca karena sudah built-in dengan lemari baju minimalis.

5. Desain pintu geser pada lemari, elegan sekaligus hemat ruang

Tips memilih lemari pakaian di kamar yang kecil lainnya adalah dengan memilih lemari yang memiliki desain pintu geser. Berbeda dengan lemari konvensional pada umumnya yang mengharuskan untuk menyisakan sedikit ruang di sebelah kanan dan kiri lemari agar pintunya dapat dibuka. Dengan lemari modern minimalis, kalian tidak perlu membutuhkan banyak ruang untuk menaruhnya. Ruang yang sempit bukan jadi batasan untukmu dalam memilih lemari, kan. Desain lemari minimalis dengan pintu geser sekarang sudah menjadi populer karena terkesan elegan, simpel, namun fungsional karena bisa menghemat ruang.

6. Pastikan lemari pakaian minimalis kalian terbuat dari bahan yang kuat

Tips memilih lemari baju di kamar yang kecil adalah lebih selektif dalam memilih bahan baku furnitur. Terdapat beberapa pilihan bahan dalam membuat lemari pakaian. Antara lain kayu, plastik, bahan partikel, bahkan lemari baju yang terbuat dari kain. Tiap bahan ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Tips memilih lemari dari segi harga yaitu, lemari pakaian dengan bahan plastik tentu lebih murah. Perawatan lemari pakaian bahan plastik juga lebih mudah. Namun untuk segi keawetan, lemari dengan bahan plastik tidak dapat diandalkan. Secara tampilan, bahan plastik juga tidak elegan jika dipandang. Terlebih sebagai pelengkap perabot rumah minimalis, lemari pakaian dengan bahan plastik sepertinya kurang cocok karena tidak dapat berpadu dengan perabot lain serta komposisi ruangan.

Tips memilih lemari pakaian di kamar yang kecil adalah menggunakan lemari baju dengan bahan kayu. Kayu yang awet biasanya adalah kayu solid, misalnya saja kayu jati. Kayu jati yang kualitasnya bagus berwarna coklat gelap secara natural. Keunggulan dari kayu jati adalah bahannya yang sangat kuat. Selain itu, kayu jati lebih awet dan tahan terhadap perubahan cuaca sehingga tidak mudah lapuk dan habis dimakan rayap. Akan tetapi kekurangannya adalah harganya cukup mahal. Kayu lain yang kuat dan biasa digunakan sebagai bahan baku furnitur antara lain kayu mahoni, sengon, akasia, merbau, bangkirai, ulin, dan beberapa jenis kayu lainnya.

Tips memilih lemari pakaian di kamar yang kecil tidak harus membeli lemari dari bahan kayu jati, lho. Alternatif untuk memiliki lemari baju minimalis modern adalah dengan menggunakan bahan yang terbuat dari plywood yang dapat dengan mudah ditemukan. Kayu plywood harganya yang tidak terlalu mahal serta mudah untuk dibentuk sehingga desainnya mayoritas lebih beragam. Furnitur yang terbuat dari plywood biasanya banyak terdapat di rumah minimalis masa kini.

Gunakan produk lemari yang sudah teruji kualitasnya. Terutama menggunakan produk yang memiliki kualifikasi bahan kayu yang sudah teruji melalui Indonesian Legal Wood. Sebisa mungkin kalian juga harus ikut menjaga kelestarian alam dengan menggunakan produk furnitur yang diproduksi dengan bahan baku kayu legal. Cirinya adalah dengan mengutamakan penggunaan furnitur dengan label Sitem Verifikasi Legalitas Kayu (SVLK) dari program Indonesian Legal Wood. Dengan kata lain, produk yang jelas bahan bakunya, akan lebih terjamin kualitas barangnya.

Home Cleaning: Membersihkan dengan Bahan Alami

Membersihkan dengan Bahan Alami

Kebersihan merupakan hal utama pada setiap rumah. Sebaiknya, membersihkan rumah dilakukan secara berkala agar tidak terlalu berat dikerjakan. Untuk memudahkan, banyak orang memilih produk pembersih kimia. Tapi perlu diingat bahwa produk kimia memiliki efek samping yang dapat membahayakan jika tak sengaja terhirup atau bersentuhan langsung dengan kulit.

Untuk itu tips kali ini hadir sebagi inspirasi bahan pembersih alami sebagai penganti bahan kimia:

1. Gelas kaca dengan kupasan kulit kentang

Gelas kaca menjadi suram setelah beberapa lama pemakaian. Untuk membuatnya kembali berkilau, ambil kupasan kulit kentang lalu gosokkan ke sekeliling gelas.

2. Noda pada lantai kayu dengan daun teh

Hilangkan noda pada lantai berbahan kayu keras dengan daun teh. Caranya rendam kain dalam teh, kemudian gosokkan pada lantai.

3. Peralatan perak dengan kulit pisang

Anda dapat membersihkan peralatan perak seperti dekorasi rumah atau bingkai foto dengan menggosokkan kulit pisang bagian dalam.

4. Wastafel dengan campuran garam dan lemon

Wastafel dapat kembali bersih dengan penggunaan campuran garam kasar dan lemon. Gosok merata dengan bantuan spons lalu bilas hingga bersih.

5. Noda dengan air mendidih

Air mendidih dapat akan melunturkan lemak lebih baik dari pembersih kebanyakan. Celupkan kain dalam air mendidih lalu hapus noda di kompor dan microwave.

6. Kotoran lengket dengan baking soda dan air

Untuk mengatasi kotoran lengket, campur sedikit baking soda dengan air menjadi pasta, lalu gosokkan.

Perawatan Furnitur Kayu Sungkai

kayu sungkaiKayu Sungkai kurang lebih memiliki karakteristik yang mirip dengan Kayu Pinus. Kayu Sungkai, dengan segala kelebihan dan kekurangannya, dipilih untuk dapat menjadi bahan dasar sebuah furnitur karena tentu kualitas yang baik. Para pengrajin kayu senang dengan kayu ini karena dapat dibentuk dan dipotong dengan mudah.

Namun, Kayu Sungkai cenderung memiliki tekstur yang lebih kasar dibanding dengan Kayu Pinus; sedangkan, dari segi kepadatan material, sungkai dan pinus memiliki kepadatan yang kurang lebih sama. Kayu Sungkai memiliki kepadatan yang lunak, maka dari itu lebih tepat menempatkan furnitur berbahan dasar kayu ini di dalam ruangan.

Untuk merawat furnitur berbahan kayu sungkai pun tidak cukup sulit, sama seperti Pinus, Anda dapat menyesuaikan perawat dengan melihat karakter kayu Sungkai dari hal berikut:

1. Tergolong jenis kayu yang lunak
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, lebih baik untuk furnitur yang berbahan dasar kayu ini ditempatkan di dalam ruangan karena perubahan cuaca yang bisa cukup ekstrem di Indonesia dapat menghilangkan esensi Kayu Sungkai.

Jika ingin tetap menggunakannya untuk di luar ruangan, mungkin Anda dapat menambahkan lapisan permukaan kayu dengan cat untuk melindungi kayu dari cahaya matahari agar tidak menyusut atau memuai.

2. Lebih mudah dibersihkan

Karena tekstur yang cenderung kasar, perawatannya tidak terlalu sulit dibanding Kayu Pinus. Kayu Pinus saja sudah cukup simpel dan mudah apalagi Kayu Sungkai, cukup rajin lakukan dengan rajin membersihkan detail-detail pada furnitur dengan lap halus.

Furnitur yang simpel dan mudah dirawat bisa menjadi pilihan utama untuk Anda yang memiliki tempat tinggal yang fungsi utamanya untuk beristirahat dan mendapatkan suasana nyaman saat Anda sedang berada di dalamnya.

Perawatan Kayu Pinus

Pada dasarnya Kayu Pinus adalah salah satu jenis kayu

yang sering dipilih dan digunakan untuk furnitur di rumah ataupun di kantor. Alasan memilih Pinus pun tentu tidak main-main. Dengan reputasi memiliki karakteristik yang kokoh dan awet, Pinus untuk para pengrajin pun cukup menjadi favorit karena kayu ini dapat di bentuk sesuai keinginan mereka karena cenderung memiliki kepadatan yang agak lunak di banding kayu lainnya.

Maka dari itu Anda yang berniat atau sudah memiliki furnitur berbahan dasar Kayu Pinus dapat melihat atau mempraktekkan hal berikut untuk selalu menjaga penampilan furnitur Anda.

Bertekstur halus
Tekstur kayu pinus halus dan berwarna cenderung cerah. Maka dari itu lakukan dengan membersihkan setiap detil furnitur dan ditambah pemoles kayu agar membuat furnitur Anda lebih mengkilap dan sedikit dapat menghilangkan goresan-goresan kecil di permukaannya. Usahakan untuk menggunakan lap yang halus agar tidak merusak permukaan kayu.

Termasuk jenis kayu yang lunak
Kami menyarankan untuk menempatkan furnitur

yang berbahan dasar kayu ini untuk tetap berada di dalam ruangan, karena perubahan cuaca yang bisa cukup ekstrem di Indonesia dapat menghilangkan esensi Kayu Pinus. Jika ingin tetap menggunakannya untuk di luar ruangan, mungkin Anda dapat menambahkan lapisan permukaan kayu dengan cat untuk melindungi kayu dari cahaya matahari agar tidak menyusut atau memuai.

Memiliki bobot yang ringan
Bobot ringan dan kepadatannya yang lunak bisa saja Anda tidak sengaja menggeser atau mendorong furnitur Anda, sehingga permukaan kayu di furnitur Anda malah tergores di bagian tertentu. Anda dapat menambahkan suatu beban di furniture Anda atau tambalan untuk menghambat pergerakan di kaki furnitur Anda, dengan begitu furnitur Anda akan tetap atau setidaknya tidak mudah tergeser secara tidak sengaja.

7 Tips Merawat Furniture Berbahan Baku Kayu

Dalam memilih furniture untuk rumah, kayu memang salah satu bahan yang masih menjadi pilihan favorit banyak orang. Namun, merawat material organik seperti kayu tentu saja tidak semudah merawat furniture dari bahan plastik. Jika tidak ditangani dengan tepat, maka resiko terkena jamur, retak, hingga dimakan rayap dapat terjadi pada furniture kayu Anda. Namun tidak perlu cemas karena kami punya 7 tips yang bisa dicoba sendiri di rumah.

1. Letakkan di Tempat Kering atau Bersuhu Normal

Paparan suhu panas secara terus menerus dapat membuat kayu menjadi kering dan menyusut sehingga menimbulkan retakan pada lapisan kayu. Jauhkan furniture berbahan kayu dari peralatan yang memancarkan panas atau tempat yang langsung terpapar sinar matahari, terutama jika Anda tinggal di daerah dengan suhu tinggi. Tidak hanya itu, udara lembab juga dapat memancing berkembangbiaknya jamur atau serangga yang berbahaya bagi kayu.

2. Pindahkan dengan Benar dan Hati-Hati

Kebiasaan memindahkan meja atau kursi minimalis dengan cara menyeret atau menarik sandarannya dapat menggores dan mengikis kayu akibat bergesekan dengan lantai. Menarik salah satu kakinya saja juga beresiko merusak sambungan kursi. Cara yang benar dalam memindahkan furniture kayu adalah dengan mengangkatnya di bagian penampang atau dudukannya dengan hati-hati.

3. Gunakan Alas untuk Meminimalisir Kerusakan

Walau Anda sudah berhati-hati dalam memindahkan furniture kayu Anda, terkadang car penggunaan furniture itu sendiri yang secara perlahan dapat merusak tampilannya. Untuk meminimalisir resiko tergores atau terkena noda yang membuat warna kayu kusam dan permukaan kayu tidak mulus lagi, cukup tutupi bagian atas meja dengan kain taplak atau table runner. Sedangkan untuk bagian kaki, Anda bisa mengalasinya dengan karpet atau kain felt di tiap kakinya.


4. Keringkan Noda Air, Segera!

Gelas minuman seringkali meninggalkan noda air berbentuk lingkaran pada permukaan meja makan berbahan kayu. Jika dibiarkan saja, noda ini akan tertinggal permanen dan merusak keindahan tekstur kayu alami. Cara menghilangkanya bisa dengan mengusapkan campuran pasta gigi dan baking soda atau campuran minyak goreng dan abu dengan kain lembut. Untuk noda yang kecil, Anda cukup mengusap campuran tadi dengan menggunakan jari. Alternatif lain adalah dengan membakar biji kemiri hingga minyaknya keluar, kemudian hancurkan dengan cara dipukul-pukul, lalu usapkan pada noda.

5. Bersihkan Furniture Kayu Secara Berkala

Bersihkan furniture kayu setidaknya sebulan sekali dengan menyemprotkan pledge atau cairan pelapis furniture secukupnya pada permukaan furniture kayu, lalu lap dengan kain dan biarkan hingga kering. Peralatan untuk membersihkan furniture kayu ini bisa Anda dapatkan di toko material atau toko furniture. Jika perlu, Anda juga bisa melakukan finishing ulang pada furniture kayu setiap 2-3 tahun agar tidak terlihat kusam.

6. Gunakan Kuas atau Sikat Gigi untuk Bagian yang Tak Terjangkau

Pada dasarnya, furniture kayu dapat dibersihkan dengan lap kain katun saja. Namun ada kalanya debu-debu, kotoran, atau jamur di furniture kayu tidak terangkat dengan baik karena terselip di antara celah. Gunakan kuas berukuran kecil dan halus atau sikat gigi untuk enjangkau bagian-bagian tersebut.

7. Manfaatkan Sisa Teh Sebagai Pembersih

Selain sehat untuk dikonsumsi, teh memiliki banyak kegunaan, salah satunya sebagai pembersih kayu. Untuk hasil warna dan kilau yang maksimal, celupkan kain lembut dalam seduhan teh hitam, peras kain, baru kemudian usapkan pada furniture kayu untuk membersihkannya dan biarkan hingga mengering.

Kelebihan kayu mahoni

Inilah Kelebihan Dan Kekurangan Kayu Mahoni

Mahoni adalah anggota suku Meliaceae yang mencakup 50 genera dan 550 spesies tanaman kayu. Mahoni termasuk pohon besar dengan tingginya pohon mencapai 35-40 meter dan diameter mencapai 125 cm. Batang lurus berbentuk silindris dan tidak berbanir. Kulit luar berwarna coklat kehitaman, beralur dangkal seperti sisik, sedangkan kulit batang berwarna abu-abu dab halus ketika masi mudah, berubah menjadi coklat tua, beralur dan mengelupas setelah tua.

Bunga Mahoni
Mahoni baru berbunga setelah berumur 7 tahun. Mahkota bunganya silindris, kuning kecoklatan. Biji pipih, warnanya hitam atau coklat, dan rasa bijinya pahit. Mahoni dapat ditemukan tumbuh liar di hutan jati dan tempat-tempat lainnya yang dekat dengan pantai atau ditanam dekat jalan sebagai pohon pelindung. Pohon mahoni ini berasal dari Hindia Barat dan dapat tumbuh dipasir payau dekat dengan pantai.

Pohon mahoni bisa mengurangi polusi udara sekitar 47%-69% sehingga disebut pohon pelindung sekaligus filter udara dan daerah tangkapan air. Daun-daunya bertugas menyerap polutan-polutan disekitarnya, sebaliknya dedaunan itu mengeluarkan oksigen (O2) yang membuat udara disekitarnya menjadi segar. Ketika hujan turun, tanah dan akar-akar pepohonan akan mengikat air yang jatuh, sehingga menjadi cadangan air.

Buah mahoni mengandung flavonoid dan saponin. Buahnya dilaporkan dapat melancarkan darah sehingga para penderita penyakit yang menyebabkan tersumbatnya aliran darah dianjurkan mengkonsumsi buah mahoni. Buah mahoni bisa jadi obat mengurangi kolesterol, penimbunan lemak pada darah, mengurangi rasa sakit, pendaraan dan lebam, serta bertindak sebagai anti oksidan untuk menyingkirkan radikal bebas. Buah mahoni juga bisa mencegah penyakit sampar, mengurangi lemak dibadan, membantu sitem kekebalan tubuh, dan memperlambat pembekuan darah.

Sifat mahoni yang dapat tumbuh didaerah gersang menjadikan pohon ini sebagai tanaman pohon pinggir jalan. Bagi penduduk Indonesia khususnya Jawa, tanaman ini bukanlah tanaman yang baru. Karena sejak zaman penjajahan Belanda, pohon mahoni dan pohon asam sudah banyak ditanam dipinggir jalan sebagai peneduh terutama dijalan yang dibangun oleh Daendels antara Anyer sampai Panarukan.

Sejak 35 tahun terkhir ini, pohon mahoni mulai dibudidayakan karena kayunya mempunyai nilai ekonomis yang cukup tinggi. Kualitas kayunya pun keras dan sangat baik untuk mebel, furniture, barang-barang ukiran dan kerajinan tangan. Kualitas kayu mahoni dibawah kualitas kayu jati, sehingga kayu mahoni dijuluki primadona kedua setelah kayu jati.

Kayu Mahoni
Kayu mahoni untuk furniture Jepara sudah lama dipakai sebagai bahan baku utama furniture jepara selain kayu jati. Kayu jenis ini untuk furniture jepara rata-rata untuk dipakai model furniture klasik. Kenapa ? Entahlah, namun menurut pendapat kami, karena pembeli funiture model klasik itu adalah dari Eropa dan Amerika. Disana kayu mahoni tergolong salah satu kayu yang mahal dan mewah. Dalam benak anda pasti bertanya-tanya, kenapa pilih mahoni ketimbang jati. Karena bangsa Eropa dan Amerika mengenal kayu jati sebagai kayu kuat dan kayu tangguh. Furniture berbahan kayu jadi kalau di Eropa dan Amerika hanya untuk dipakai diluar ruangan dan untuk bahan baku kapal.

Inilah Kelebihan Dan Kekurangan Kayu Mahoni Yang Patut Anda Ketahui
Kelebihan Kayu Mahoni
Serat kayu halus dan beragam. Penampilan yang seperti ini sangat bagus jika difinishing dengan warna-warna natural atau klasik.
Penampang kayu yang sangat stabil, kayu mahoni dikenal untuk kekuatan penyusutan dan perubahan bentuk, ini mengapa alasan mengapa kayu mahoni banyak juga dipakai dalam industri gitar dan alat-alat musik lainnya. Tentu saja sarat utama adalah kekeringan bahan baku kayunya.
Kandungan minyak alami rendah, membuatnya jadi bisa difinishin model cat duco tanpa resiko meninggalkan noda kekuningan seperti pada kayu jati. Tentu saja kekeringan syarat utamanya.
Kekurangan Kayu Mahoni
Kayu mahoni banyak diserang hama.

cara merawat pintu

Bagaimana cara yang baik untuk merawat pintu kayu dari serangan rayap

Rayap seringkali bersarang di dalam tanah, kemudian berpindah pada perabot kayu – menggerogoti dari dalam hingga kayu menjadi lapuk dan berubah jadi debu. Cara paling mudah menghilangkan rayap sebetulnya bukan dengan semprotan zat kimia, melainkan dengan membersihkan saluran air dan selokan sehingga kelembapan tetap terjaga dan rayap tidak merasa nyaman karena ia menyukai tempat yang lembap. Selain itu kebersihan ventilasi juga sebaiknya dijaga, usahakan tidak menempatkan material kayu terlalu dekat dengan pondasi rumah dan hindari menumpuk kayu di dalam rumah. Pastikan ventilasi atau segala lubang bersih dari serpihan cat atau batu bata karena akan mengundang rayap untuk masuk. Terakhir, tentu pastikan rawat pintu dan piranti kayu lainnya secara berkala, dengan membersihkan dan memberikan plitur baru. Ingat bahwa kayu berkualitas rendah lebih rentan rayap.

Agar tidak sulit dibuka saat menyusut/membengkak

Pintu kayu secara umum membutuhkan perawatan lebih banyak dibandingkan fiberglass atau bahan lain. Pastikan pintu kayu sudah dilapisi dengan baik untuk mengurangi kemungkinan pintu sulit dibuka saat menyusut, membengkak atau melengkung. Jika sudah terlanjur lengket maka alternatif yang dapat anda lakukan adalah mencopot, mengamplas kemudian dipasang kembali. Selain itu, tips lainnya adalah memberikan rongga yang cukup antara pintu dengan kusen.

Agar tahan hujan dan matahari

Lapisi seluruh permukaan dengan cat atau pernis untuk melindungi kayu, terutama yang diformulasikan untuk menyerap cahaya ultra violet (UV